Subscribe Now!


Minggu, 03 Februari 2013

SekilasTentang Pengertian dan fungsi CSS

Jikakitaseringmencari tutorial-tutorial tentang blog, maka hampir bisa dipastikan kita pasti sering bertemu dengan yang namanya CSS.Sebenarnyaapasich CSS itu?

CSS (Cascading Style Sheet) merupakansalahsatubahasapemrograman web yang digunakan untukmengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akanlebih terstruktur dan seragam. Penggunaan CSS ini tidak lepas dari kode-kode HTML.Ibarat kata kita adalah Arsitek yang akan membangun sebuah rumah, maka paling tidak kita harus mengetahui secarapasti mulai dariukuran tanahnya. Kemudian seberapaluas rumah yang ingin kita bangun, berapa buah dan berapa luas kamar, ruangtamu, beranda, sertaruangutamanya.

Untuk bisa  melihat perbedaannya maka andabi samencoba langsung dengan mengetikkan atau mengcopy kode dibawah ini di notepad.

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01//EN">  
<html>  
<head>  
  <title>Percobaan HTML saya yang pertama</title>  
</head>  
  
<body>  
<!-- Isi utama -->  
<h1>Halaman pertama</h1>  
  
<p>Selamat datang ke halaman pertama saya!  
  
<p>Halaman ini tidak ada gambar, hanya berisi berapa kata.</br>  
Tidak memiliki link yang bisa merujuk kemana-mana. </br>  
Harap maklum karena ini hanyalah halaman percobaan…</br>  
<p>Disini seharusnya ada lebih banyak lagi,</br>  
tetapi saya belum tahu apa yang ingin saya tulis lagi.  

  
</body>  
</html>  

Simpan hasilnya dengan format .html (* contoh: percobaan pertama.html) dan jangan lupa untuk mengubah extensi atau type file menjadi all files.

Maka setelah dibukakira-kira kita hanya akan mendapatkan hasils eperti ini:
Setelah kita lihat hasilnya, pasti kita akan merasa banyak sekali kekurangan. Hal itu di karenakan memang karena disitu kita tidak melihat ada style samas ekali.

Nah, kira-kira disinilah fungsi dari CSS ini. Dalam pembuatan sebuah website atau blog, CSS dapat kita gunakan dalamm engendalikan ukuran gambar, warnateks, warnatabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse hover, spasiantarparagraf, spasiantarteks, margin kiri, kanan, atas, bawah, bahkanuntukmembuatbayangandariobjekdan parameter lainnya. CSS bisajugadiartikansebagaibahasa style sheet yang digunakanuntukmengaturtampilandokumen.Olehkarenaitu pula, untukmengerti CSS inimakamautidakmau, paling tidakkitaharussedikittahutentang HTML.

Sekarangkitaakanberikantambahansedikitpolesandengan CSS.
Semisalnyakitaingin Website/Blog kitamempunyailatarwarnahitamdantulisanputih.Makakitacukupmenambahkankodesepertidibawahinidanmeletakkannyaataskode</head>.
<style type="text/css">  
  body {  
  color: white;  
  background-color: black; }  
</style>  

Makakitalangungakanmendapatkanhasilseperti yang kitainginkan.